peduli lingkungan

Sabtu, 03 November 2007

btw... sudah pada merhatiin enggak berita tentang global warming, entah itu di koran, televisi atau majalah? kalo dipikir-pikir en dibayangin sih ngeri juga ya?

kan ada juga tuh berita tentang kutub selatan yang beberapa gunung es-nya udah meleleh. belum lagi melelehnya es (lagi) di Greenland dan lepasnya gunung es dari gletser.


nih foto lempeng es larsen b yang mulai meleleh....

menurut yang santy baca di sebuah majalah, ada lempengan es besar di bagian timur Antartika yang bernama Larsen B yang meleleh begitu cepat dalam waktu 3 bulan. hasil yang diberitakan, 3 hektar area dari es setebal 200 meter dengan total berat 720 miliar ton itu berenang-renang dan mencair di lautan. gak perlu heran lagi deh, kalo ternyata permukaan air laut di dunia udah naik 10-20 cm dalam seabad terakhir...

jika kita, para remaja-remaja alias a young people gak peduli ama keadaan sekitar kita, apa yang bakal terjadi ama bumi kita ini nanti? gimana dengan anak cucu kita? flora, fauna, terumbu karang, hutan, energi dari bumi, gak bakalan pernah ada lagi di dunia ini kalo enggak kita yang turun tangan buat peduli ama lingkungan.


yang lebih bikin santy prihatin, mayoritas teman-teman santy suka buang sampah di sembarang tempat, padahal jelas-jelas ada tempat sampah. kadang-kadang santy suka mikir...

apa salahnya sih berdiri trus jalan menuju ke tempat sampah? kalo emang enggak mampu, jangan dibuang di sembarang tempat donk...
selain nge-buang sampah di tempatnya, ada banyak hal penting yang mesti kita perhatiin, meski hal itu keciiil banget. beberapa yang santy ingat sih:


  • >> kalo abis matiin televisi itu kan kita bisa matiin langsung lewat remote, tapi ada yang mesti kita sadari yaitu, matiin total televisi itu en jangan dibikin stand by, coz dari berita yang santi denger, kalo kita matiin semua barang elektronik dengan total, enggak pake standy by, bakal mencegah 450 kg CO2 melayang ke udara tiap tahun.
  • >> atur temperatur AC biar enggak boros atau dingin-dingin banget. inget, naikin 2 derajat temperatur aja biar bisa ngehemat 900 kg CO2 dalam setahun!
  • >>milih jalan kaki daripada naek kendaraan pribadi. Kalo emang jaraknya cuman 100-200 meter sih, kita-kita yang masih remaja ini pasti kuat banget. daripada ngabis-ngabisin bensin dan bikin karbon monoksida bertambah. lum ayan kan, selain bisa bikin sehat, jalanan juga ga bakalan macet
  • >>trus jadi pelopor di kelas dengan matiin lampu setiap jam istirahat, menurut survey di Amerika, kalo 10.000 sekolah mematikan lampu mereka semenit aja, udah bisa nge-hemat 720 milyar rupiah!! apalagi kalo lebih dari semenit???!!
  • >>kalo beli mobil, pastiin beli yang bener-bener eco-friendly, misal mobil hybird
  • >>mau makan? pastiin makanan yang kamu makan itu dari tanaman organik, en kurangi mengkonsumsi frozen food coz pembuatannya ngebutuhin energi listrik yang gede banget.

so... itu hal-hal kecil yang bisa santy ingetin ke temen-temen. meskipun itu cuman satu orang aja, tapi inget, satu orang aja udah bikin perubahan yang gede banget buat kehidupan semua orang.

jadi, usahain kalo kamu adalah orang pertama yang bisa bikin perubahan di bumi ini menjadi lebih baik lagi.


santy udah join ke beberapa organisasi di dunia, contohnya greenpeace en sahabat primata . kalo kalian juga pengen bergabung, ayo gabung!!! santy berharap kita bakal jadi teamwork yang oke buat nyelametin bumi kita ini. we are hero, right?!
btw, kalo ada yang punya komentar atau saran en tips buat bikin kita-kita makin peduli ama lingkungan, kasih tau santy ya! santy butuh banget saran en masukan dari kalian semua

4 komentar:

Putri Karunia Kusumawardani mengatakan...

bnr skali kau santi. kita hrs peduli libgkungan..
klo bukan org2 yg tinggal dibumi ya sapa lagi??

Anonim mengatakan...

Salam kenal ya Santi. Setuju banget sama tulisan kamu. Kalo pingin nulis berantai tentang ini, maen aja ke blog-ku di http://mustikadh.blogspot.com. C U (Tika)

Anonim mengatakan...

Lam kenal....ikut masup dimari yah

GREENPEACE mode on lah

Anonim mengatakan...

bener w stj.... iya harusnya kta sbagai remaja .... harus menyadarinya n jangan buang sampah sembarangan... sipt...spt...

Posting Komentar